Puncak Poland, Hollywoodnya Sumatera Barat

#JALANJALIN, Puncak Poland, Hollywoodnya Sumatera Barat – kamu penggemar film-film yang berasal dari Amerik Serikat? Pernah melihat tulisan Hollywood yang dicetak besar dan disusun di atas area perbukitan? Sekarang tidak perlu jauh-jauh terbang ke Amerika Serikat agar dapat berfoto dengan latar tulisan di perbukitan tersebut.

Pemkamungan yang sama akan kamu temui di salah satu Kota di Sumatera Barat, Kota Sawahlunto. Tepatnya berada di Puncak Poland, kecamatan Lemah Segar, Sawahlunto. Puncak Poland adalah salah satu destinasi Wisata di Sawahlunto yang bisa kamu kunjungi, hanya berjarak sekitar 15 menit dari pusat Kota Sawahlunto.

Sama halnya dengan Wisata Alam Sawahlunto lainnya, Puncak Poland juga berada di area perbukitan, bedanya Puncak Poland atau yang dikenal juga dengan Puncak Sugai ini disebut-sebut sebagai bukit yang memagari Kota Sawahlunto.

Untuk mencapai lokasi Puncak Poland ini kamu harus berkendara selama 1 jam, tetapi jika kamu ingin menikmati keindahan alam Sawahlunto dari ketinggian tidak ada salahnya kamu berjalan kaki selama 2 sampai 3 jam. Memilih berkendara ataupun berjalan kaki, kamu tetap harus berhati-hati saat menuju kawasan wisata Puncak Poland tersebut, karena akses jalan yang belum sepenuhnya berupa aspal beton, serta kondisi jalan berupa tanjakan tajam.

Oleh karena itu, jika kamu memilih menggunakan kendaraan, gunakanlah sepeda motor yang berada dalam kondisi prima, jangan sekali-kali berani membawa kendaraan yang tidak fit 100 %, karena jalanan ini berada di sisi jurang dalam yang akan membuat adrenalin kamu berpacu.

Ketika sampai di Puncak Poland, kamu akan disuguhkan oleh pemkamungan indah Kota Sawahlunto yang seperti sebuah kuali besar. Di ketinggian ini akan kamu lihat dengan jelas berbagai peninggalan sejarah masa penjajahan, seperti Mesjid Agung Nurul Islam, Gudang Ransoem, Museum Kereta Api, kawasan Silo, dan berbagai sudut lain yang ada di Kota Sawahlunto.

Selain itu, tempat ini menjadi spot menarik untuk pengambilan gambar dengan berlatar belakang Kota Sawahlunto ataupun bukit barisan yang ada di sekitar puncak tersebut. Nah, adanya bukit barisan di sekeliling Puncak Poland ini menjadikan sunrise yang ingin kamu nikmati di pagi hari menjadi sedikit terhalang, karenanya jika berniat melihat sunrise di Kota Sawahlunto, janganlah memilih Puncak Poland, karena hasrat kamu terhadap sunrise tidak akan bisa terpuaskan dengan sempurna.

Tetapi jika ingin menikmati keindahan alam, hamparan hijau perbukitan yang mengelilingi Kota Sawahlunto, Puncak Poland adalah pilahan yang tepat. kamu dan keluarga serta kawan-kawan kamu akan betah berlama-lama di bukit ini.

Sepanjang perjalanan menuju Puncak Poland kamu akan dimanjakan dengan pemkamungan perkebunan yang terhampar luas dan berbaris rapih di sisi-sisi jalan, ada kebun-kebun buah seperti kelengkeng, ada juga perkebunan umbi-umbian seperi kebun ubi.

Uniknya, ubi-ubi yang berasal dari daerah ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran ubi pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh tekstur tanah yang sangat subur sehingga cocok untuk dijadikan media tanam bagi berbagai macam tanaman.

Di Puncak Poland, di samping dapat menikmati pemkamungan Kota Sawahlunto, kamu juga bisa mencoba olahraga Paralayang, tetapi kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu kepada penyelenggara olahraga sehari sebelumnya. Hal tersebut dimaksudkan agar pihak pengelola bisa terlebih dahulu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.

Untuk menikmati olahraga ini, kamu harus menyediakan dana sebesar Rp. 500.000. dengan biaya ini, kamu akan menikmati sensasi melayang di langit Kota Sawahlunto selama 20 sampai 30 menit. Bayangkan kamu bisa terbang bak burung menyisiri setiap jengkal pemkamungan kota Sawahlunto yang mempesona. Wisata ini cocok untuk kamu yang menggemari kegiatan adrenalin.

Namun bila kamu masih pemula dan masih pula takut ketinggian, kamu tak perlu cemas, bakal ada pendamping yang nantinya menemani kamu selama melayang di udara. Setelah 30 menit menikmati panorama Sawahlunto yang eksotis, kamu akan mendarat di pusat Kota Sawahlunto, yaitu di lapangan Ombilin.

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, dan ingin menghabiskan beberapa hari liburan kamu di Kota Sawahlunto, kamu bisa menginap di Homestay yang ada di sekitar Kota Sawahlunto dengan harga yang terjangkau.

Dengan tersedianya akomodasi semacam ini, kamu tak perlu khawatir tak memiliki tempat tidur saat malam tiba. Bagaimana traveler? Tertarik untuk mencoba menjelajahi Sawahlunto di udara? Persiapkan diri kamu, dan selamat menikmati liburan yang menyenangkan.

Yuk Dukung Artikel #JalanJalin.com :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here