JalanJalin.com - Sahabat Wisata Terbaik
#JalanJalin.com merupakan Media Seputar Informasi Travel, Wisata, Kuliner dan Destinasi Terbaik di Indonesia.

Jenis-jenis Bumbu Opor Ayam Jawa

0 324

Jenis-jenis Bumbu Opor Ayam Jawa – Bumbu opor ayam Jawa memang memiliki variasi yang beraneka ragam, cara memasaknya pun mungkin ada yang sedikit berbeda. Namun, jika Anda ingin mengetahui apa saja jenis-jenis bumbu opor ayam tersebut maka Anda harus mengetahui terlebih dulu seluk beluknya. Varian opor ayam hanya terdapat pada perbedaan bumbu dan tampilan.  Adapun beberapa jenis yang sudah diketahui termasuk dari beberapa variasi opor ayam Jawa adalah sebagai berikut:

Jenis-jenis Bumbu Opor Ayam Jawa

Opor Ayam Jawa Pedas

Jenis pertama dari opor ayam Jawa adalah opor ayam Jawa pedas, yaitu jenis masakan opor ayam Jawa yang merupakan jenis masakan kampong dengan cita rasa pedas. Pastinya jenis masakan ini kuat dengan cabai dan santan yang kental dan berpadu alami, lalu bumbu rempahnya yang juga mendukung rasa pedas tadi. Opor ayam dengan bumbu pedas ini sangat diminati banyak orang yang memang menyukai rasa pedas, karena Indonesia terkenal dengan banyaknya varian sambal.

Baca Juga :  Kuliner : Minuman Jamu Yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Opor Ayam Jawa Bumbu Kuning

Bumbu opor ayam Jawa yang sudah sangat biasa adalah opor ayam bumbu kuning, dimana jenis ini menggunakan bumbu kuning dari bumbu biasanya seperti lengkuas, serai, daun salam, daun jaeruk, jahe, kunyit dan beberapa bumbu lainnya. Selain di Jawa, beberapa daerah lain juga sering menggunakan opor ayam dengan bumbu kuning seperti ini. karena, rasanya benar-benar menggugah selera.

Opor Ayam Jawa Bumbu Putih

Sedikit berbeda dengan bumbu kuning, bumbu opor ayam Jawa bumbu putih ini juga memiliki rasa yang sangat menggiurkan. Bedanya dengan bumbu kuning, selain warna dan tampilannya juga terdapat pada bumbunya. Yaitu, perbedaannya dengan tidak menggunakan kunyit yang membuat warnanya berbeda. Tapi beberapa bumbu hampir sebagian besar sama, bahkan kemungkina ada juga kesamaan dalam hal rasa. Selain warna, aroma juga berpengaruh pada perbedaan satu bumbu tersebut selebihnya sama saja.

Opor Ayam Jawa Khas Solo

Varian bumbu opor ayam Jawa khas Solo juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal cita rasa, karena jenis ini sangat teruji untuk rasanya. Mungkin sekilas memang agak sama dengan opor ayam pada umumnya, tapi opor ayam ini memiliki perbedaan pada tampilan dan bentuknya. Sedikit mirip dengan bumbu putih tapi agak lebih pucat kekuningan.

Baca Juga :  Ingin Coba Gaya Hidup Sehat? Yuk Cobain Kuliner Sehat Indonesia Dengan Rasa Nikmat Ini!

Opor Ayam Jawa Tanpa Santan

Lain lagi halnya dengan opor ayam Jawa yang tanpa santan, jenis ini mungkin juga sedikit lebih unik. Karena, biasanya membuat opor ayam menggunakan santan tapi yang satu ini justru tanpa menggunakan santan. Jenis opor ayam tanpa santan ini sebenarnya tidak ada masalah, hanya kurang berminyak saja pada kuah opor ayam tersebut. Untuk rasa memang sedikit berbeda, tapi masih tetap terasa gurih dan nikmat karena permainan bumbu-bumbu rempah yang banyak. Oleh karena itu, jenis opor inipun masih masuk kategori masakan favorit pada saat momen-momen spesial Anda bersama keluarga.

Jenis-jenis dari bumbu opor tersebut sebenarnya hanya variasi dan inovasi dari opor ayam pada umumnya, karena perbedaan bumbunya tidak terlalu kentara dan signifikan dalam hal variasi bumbu rempahnya. Namun, dengan banyaknya varian bumbu pada opor ayam tersebut membuat makin memperkaya jenis masakan hanya dari jenis masakan opor ayam. Pilihan pun semakin banyak, pada saat Anda ingin membuat opor ayam dim omen lebaran. Dengan begitu, kita makin bisa membuat banyak versi jika bosan dengan satu versi bumbu opor ayam Jawa saja.

Baca Juga :  Puncak Poland, Hollywoodnya Sumatera Barat
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More