JalanJalin.com - Sahabat Wisata Terbaik
#JalanJalin.com merupakan Media Seputar Informasi Travel, Wisata, Kuliner dan Destinasi Terbaik di Indonesia.

5 Tempat Wisata di Jakarta Ini Bukan Hanya Indah, Tapi Juga Menyimpan Nilai Religi Tersendiri

0 4

Sobat #JalanJalin, kesempatan kali ini kami ingin menyajikan sebuah artikel dengan judul : Menjelang musim libur panjang seperti hari raya, kenaikan kelas dan lain lain tentu membuat kita mulai memikirkan akan menghabiskan liburan kemana. Liburan bukan melulu tentang wisata alam maupun tempat hiburan. Berbagai tempat ibadah yang mengandung nilai religi pun patut masuk kedalam daftar wisata yang wajib kamu kunjungi.

Nilai religi yang kuat di tempat ibadah bisa menjadi daya tarik untuk kamu semua yang suka berwisata anti mainstream! Selain itu sebuah tempat ibadah biasanya juga memiliki bentuk arsitekur yang indah untuk kamu berfoto-foto ria. Tak jarang tempat ibadah yang juga dibuka sebagai tempat wisata pun menyajikan nilai sejarah yang akan menambah wawasan kamu.

Di Indonesia khususnya di Jakarta sendiri banyak destinasi wisata indah kaya nilai religi yang bisa kamu jadikan sebagai tempat menghabiskan libur panjang. Yuk intip daftar berikut!

1. Masjid Istiqlal

Istiqlal

Obyek wisata religi yang paling banyak dikunjungi wisatawan  di Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Masjid yang berlokasi di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat ini berdiri megah di jantung ibu kota. Masjid dengan luas yang hampir menyentuh angka 100km ini mampu menampung hingga 200.000 jamaah. Tempat ibadah yang merupakan salah satu masjid terbesar di asia tenggara ini juga memiliki arsitekur modern yang membuatnya tampak begitu megah.

Baca Juga :  Menikmati Wisata Kuliner Terenak di Kota Malang

2. Masjid Perahu

Perahu

Terletak di Jakarta Selatan tepatnya di Jl. Casablanca RT 03 / RW 05 Menteng Dalam, Tebet membuat masjid perahu dapat dengan mudah kamu temukan. Sebenarnya nama asli masjid ini adalah Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman, namun karena bentuknya yang unik layaknya sebuah perahu, kemudian masjid ini  lebih dikenal sebagai masjid perahu. Bentuk unik layaknya perahu ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh yang ceritanya pasti sudah sangata familiar di telinga kamu.

3. Makam Mbah Priok

Mbah Priok

Situs religi yang satu ini sempat heboh karena pernah menjadi sengketa. Oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama makam ini diubah menjadi tempat wisata cagar budaya. Kawasan wisata Makam Mbah Priok yang terletak di Koja Jakarta Utara ini selalu ramai didatangi para peziarah. Di dalam kawasan ini terdapat beberapa makam pemuka agama termasuk Habib Hasan al Hadad  atau lebih dikenal sebagah Mbah Priok.

4. Masjid At-Tin

masjid at tin

Tepat di Jl. Raya Taman Mini Pintu 1 Jakarta Timur berdiri masjid megah yang dibangun pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Didirikan tahun 1997 dengan kapasitas 9.000 orang, masjid ini konon dijadikan tempat mengenang mendiang sang istri, Ibu Tien Soeharto. Letaknya yang berdampingan dengan Taman Mini Indonesia Indah menjadikan masjid At-Tin selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga :  Keindahan Wisata Air Terjun Bandung Keren yang Wajib Dikunjungi

5. Masjid Babah Alun

masjid babah alun

Satu lagi tempat religi yang bisa juga dijadikan sebagai destinasi wisata ketika kamu berkunjung ke Jakarta yakni Masjid Babah Alun. Masjid yang berlokasi di Jakarta Utara ini tidak terlihat seperti masjid pada umumnya. Mulai dari letak yang biasanya berada di pemukiman warga, masjid ini malah berada tepat dibawah Tol dikawasan Tanjung Priok Jakarta Utara .

Selain letaknya yang tidak lazim, sebagian besar bangunan ini juga memiliki corak Tionghoa. Alasan yang dikemukakan oleh salah seorang pengurus masjid adalah sengaja untuk memadukan nilai islami dan budaya Tionghoa.

Di sekeliling bangunan masjid, kamu bisa menemukan banyak tulisan Arab dan kaligrafi. Uniknya terjemahan dari kaligrafi tersebut menggunakan bahasa mandarin.  Perpaduan dua budaya tersebut juga bisa kamu lihat dari masjid yang berbentuk segi delapan. Dalam islam segi delapan merupakan simbol kemenangan zaman Umar bin Khatab. Begitu juga dengan kebudayaan Tionghoa yang meenyimbolkan segi delapan dalam arti yang sama.

Mengunjungi tempat wisata yang mengandung nilai religi yang kuat layak menjadi pertimbangan kamu dalam memilih destinasi menjelang liburan. Karena selain dapat berwisata, kamu juga bisa melakukan ibadah ketika mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Baca Juga :  4 Wisata Religi Sumatera Barat yang Patut Kamu Kunjungi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More