JalanJalin.com - Sahabat Wisata Terbaik
#JalanJalin.com merupakan Media Seputar Informasi Travel, Wisata, Kuliner dan Destinasi Terbaik di Indonesia.

Mencicipi 5 Makanan Khas Wisata Kuliner Jambi yang Menggugah Selera

okezone.com
0 10

Sobat #JalanJalin, kesempatan kali ini kami ingin menyajikan sebuah artikel dengan judul : 5 Mencicipi Makanan Khas Wisata Kuliner Jambi yang Menggugah Selera – Setiap daerah memiliki sajian masakan khas turun-temurun yang menjadi andalan potensi untuk menarik minat para wisatawan. Nah, buat kamu yang belum mencoba sajian wisata kuliner Jambi sangat direkomendasikan beberapa makanan khas yang patut untuk dicoba Sobat.

Sajian wisata kuliner Jambi yang patut kamu cicipi Yuk kita ulik!

wisata kuliner jambi

1. Tempoyak

Makanan khaswisata kuliner Jambi yang terbuat dari hasil fermentasi buah durian ini mampu mengundang selera siapa saja untuk mencicipinya. Tempoyak biasa dihidangkan dalam bentuk sambal campuran pepes ikan hasil tangkapan Sungai Batanghari. Namun, hidangan lauk ini masih mengundang bau durian yang pekat dan memiliki citarasa sedikit asam.

Buah durian yang mengundang selera karena baunya yang sangat kuat diolah dengan melalui tahapan proses fermentasi selama tiga hari. Selain, nikmat dan lezat di lidah, tempoyak mengandung beragam zat gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga :  5 Cafe Instagramable di Jakarta Selatan, Nomor 2 Seru Banget Buat Nongkrong

Kandungan kimia yang terdapat di dalam masakan tempoyak ini meliputi kalium, kalsium, fosfor, protein, lemak dan masih banyak lainnya. Nah, Sobat apakah kamu tertarik untuk mencicipi olahan buah durian yang khas ini?

2. Mie Celor

Santapan kuliner yang wajibkamu coba ketika berkunjung ke Jambi. Mie Celor sajian wisata kuliner Jambi selalu menjadi menu andalan bagi para penjaja sajian kuliner di setiap jalanan Jambi. Bahannya yang kaya rempah-rempah khas Indonesia membuat citarasanya semakin digandrungi para traveller.

Pilihan bahan baku tepung terigu dengan campuran beragam rempah yang menambah ciri khasnya. Mie Celor biasa disajikan dengan kuah santan yang kental. Kunci kenikmatan yang sebenarnya ada pada guyuran pada mie dengan beberapa potongan telur maupun irisan daging sehingga menggugah selera siapa saja yang ingin mencicipinya.

3. Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi yang biasa dihidangkan pada acara khusus warga seperti kenduri, pernikahan maupun agenda cara adat lainnya. Sajian khas wisata kuliner Jambi dengan kuah santan kental yangmenggugah selera dengan potongan ikan tenggiri, belida dan ikan gabus mirip pempek sangat pas untuk kamu coba Sobat.

Baca Juga :  Kamu Harus Tahu 5 Tempat Beli Oleh-Oleh Makanan Tradisional Jakarta

Arti nama dari kata Tepek sendiri memiliki makna “dipadatakan”. Hal itu sesuai dengan proses pembuatan adonan Tepek Ikan melalui campuran sagu dan ikan kemudian direbus lalu didinginkan. Proses akhirnya adalah dipotong kecil-kecil menyerupai pempek.

Nah, citarasanya yang khas karena perpaduan bumbu rempah-rempah pada kuah gulainya. Mampu membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipinya kembali. Kawasan Tahtul Yaman merupakan kawasan rumah makan yang siap menghidangkan menu ini ditemani nasi gemuk.

4. Rambutan Goreng

Olahan unikwisata kuliner Jambi yang sedang menjadi perbincangan publik akhir-akhir ii merupakan salah satu makanan khas masyarakat Jambi lho Sobat. Yyap, rambutan goreng sempat viral akhir-akhir ini. seperti buah yang digoreng pada umunya seperti nanas, pisang maupun buah yang lainnya. Ternyata memiliki citarasa seperti buah kurma dan tahan selama enam bulan.

Buat Sobat yang ingin mecoba membuatnya bahannya sangat mudah seperti buah rambutan kering yang dihilangkan bijinya, air, tepung terigu, garam dan vanilli. Setelah itu, baru buat adonan dan memasukkan rambutan ke dalam campuran bahan lalu goreng , tiriskan dan disajikan. Gimana ? Mau coba?

Baca Juga :  Isi Kegiatan di Rumah dengan 5 Inspirasi Warna Cat Rumah di Tahun 2020

5. Dodol Kentang

Makanan khas kerinci yang sedikit berbeda dengan jenis dodol pada umumnya Sobat. Sajian wisata kuliner Jambi berupa dodol ini masih digemari masyarakat Jambi untuk dikonsumsi maupun dipasarkan. Tekstur dodol pada umumnya legit dan kenyal sedangkan dodol kentang memiliki tekstur tidak terlalu kenyal dan lembut Sobat.

Dodol kentang merupakan salah satu sajian kuliner yang patut dicoba Sobat. Selain citarasanya yang lezat. Kandungan kimia alaminya sangat baik untuk tubuh. Dodol kentang mulai diusahakan melalui produksi industri kecil seperti industri rumah tangga pada tahun 1995 lalu berlanjut hingga saat ini.

Nah, buat kamu yang suka travelling ke berbagai tempat dengan tawaran spot wisata alam maupun sajian kuliner yang sangat menggoda. Jangan lupa untuk travelling wisata kuliner jambi yang sangat cocok untuk kamu coba Sobat. Tunggu apalagi yuk!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More